Perubahan Perut Wanita Hamil Dari Bulan ke Bulan



Akan lebih baik untuk mencari tahu perkembangan dan perubahan apa yang akan dialami tubuh ibu kala hamil. Pengetahuan ini bisa digunakan ibu untuk mengantisipasi rasa pada tubuhnya, serta mencari pencegahan dari ketidaknyamanan yang mungkin saja terjadi. Berikut ini adalah hal-hal yang umum terasa pada tubuh ibu hamil seperti diceritakan Erika Lenkert dalam bukunya The Real Deal: Guide to Pregnancy:

Trimester Pertama (Minggu 1-13)
Bulan I
Hormon-hormon akan mulai "dimasak", mengubah banyak hal pada tubuh. Mulai dari payudara terasa lebih lembut dan membesar, terasa lelah, mual-muntah, dan mengidam.

Bulan II
Di minggu kelima, tubuh sudah membangun cairan pelindung di bagian kanal serviks untuk memastikan plasenta tempat tinggal si embrio berada dalam kondisi yang benar agar ia bisa tumbuh nyaman dan tenteram. Di masa-masa ini juga ibu hamil akan merasa sering ke toilet untuk buang air kecil. Payudara makin terasa membesar, serta bagian puting dan area kecokelatan/merah muda (areola) mulai membesar dan makin berwarna kecokelatan. Hingga minggu kesembilan, perut akan tumbuh sekitar sebesar buah melon. Sebaiknya ibu hamil di usia ini yang mulai sering merasa kelelahan mulai sering-sering beristirahat.

Bulan III
Sebagian wanita hingga usia kandungan ini bahkan tidak merasa masalah apa pun. Namun, sebagian besar lainnya akan sudah merasa sedikit pening, kepala ringan, dan mood swing yang sangat berat. Di pertengahan bulan ketiga, tubuh akan terus menerus mengirimkan suplai darah dan akhirnya menciptakan apa yang dinamakan "cantiknya ibu hamil". Selain itu, berkat faktor hormon kehamilan, Anda mungkin akan melihat adanya "aksesori" pada wajah berwarna kemerahan yang gatal, alias jerawat.

Trimester Kedua (Minggu 14-26)
Bulan IV
Di bulan ini, si jagoan atau si putri kecil akan mulai memberi tanda-tanda kehidupan di dalam Anda. Ia akan mulai menendang, mencolek, atau lainnya. Jangan khawatir jika ia belum menunjukkan tanda-tanda ini, karena ia mungkin masih ingin bersantai dan baru mau melakukannya di bulan depan. Bagian payudara Anda pun akan terasa makin membesar. Jika belum bersiap mencari sokongan (bra) yang berukuran tepat, sekaranglah saatnya.

Bulan V
Di bulan ini, tergantung dari perkembangan si bayi, kulit pada perut akan mulai terasa gatal karena kulit meregang. Puting payudara akan mulai terlihat membesar. Di usia kandungan ini, meski Anda bermalas-malasan dan tidak melakukan banyak hal, jantung Anda terus memompa darah ke uterus. Anda mungkin akan merasakan punggung sakit, kram kaki, dan mungkin terlihat guratan pembuluh pada betis. Ada pula perasaan ingin buang air kecil cukup sering.

Bulan VI
Anda mungkin akan merasakan punggung sakit, rahim membesar sehingga membuat ligamen pendukungnya terasa sakit. Setelah sekian lama berdiri, Anda akan melihat bahwa pergelangan kaki Anda mulai membesar dan terlihat sebesar betis Anda.

Trimester Ketiga (Minggu 27-40)
Bulan VII
Di usia kandungan ini, Anda akan memasuki wilayah guratan putih pada perut. Akan mulai terlihat guratan-guratan pada perut. Di usia kandungan ini pula, beberapa orang merasakan adanya kontraksi yang dinamakan Braxton-Hicks, yakni kontraksi perlahan, tak terlalu sakit, dan alarm salah untuk persalinan. Jika intervalnya tidak dalam 5 jam, maka si kecil baik-baik saja. Jika belum yakin, bisa tanyakan kepada dokter Anda. Selain itu, di usia kandungan ini pun akan mulai terasa sembelit yang tak mengenakkan.

Bulan VIII
Di usia kandungan ini, beberapa ibu akan merasakan adanya tetesan colostrum keluar dari puting payudara. Anda juga mungkin akan mulai merasakan kontraksi yang hebat. Saat ini, tubuh juga sudah mulai membagi ruang oksigen pada paru-paru dengan si bayi, sehingga si ibu mungkin akan mulai merasa terengah-engah saat bernapas.

Bulan IX
Jangan kaget jika Anda mulai melihat pusar Anda mulai mencuat. Bersiap pula untuk melihat bagian bibir area V Anda membesar yang artinya ia siap menyambut si bayi dengan memberi jalan yang lembut. [kompas.com]

Artikel Terkait: