PENGIKUT AJARAN SESAT BUNUH DIRI MASSAL Pemimpin Aliran Memerintahkan Bunuh Diri Massal


Masih terasa hangat dan memiluhkan apa yang terjadi di tanah air tentang keyakinan umat beragama yang berakhir dengan bentrokan dan menimbulkan korban nyawa, seperti yang terekam dalam video sadis pembantaian jamaah Ahamdiyah yang masih banyak diburu pengguna internet dan menjadi topik aktual yang banyak dibahas, baik di media massa maupun forum-forum di dunia maya.

Disini LM bukan mau membahas tentang hal yang berbau SARA itu, tapi ada kaitannya dengan keyakinan umat beragama. Aliran umat beragama ini sangat aneh dimana seluruh jamaatnya rela untuk melakukan bunuh diri. Aliran ini didirikan pada akhir tahun 1970-an, di bawah kepemimpinan Jim Jones, aliran pemujaan ini hidup menyendiri terpisah dari dunia di sebuah hutan di Amerika Selatan. Berikut foto-foto

Menyusul adanya sejumlah keluhan, pada tahun 1978, anggota kongres Amerika, Leo Ryan, mengunjungi wilayah Jonestown dalam misi pencari fakta. Ketika Ryan akan meninggalkan Jonestown, delapan belas anggota aliran pemujaan yang ingin meninggalkan aliran pemujaan itu mencoba ikut menyertainya, yang sekaligus menjadi awal kerusuhan terjadi. Anggota aliran pemujaan melepaskan tembakan kepada mereka yang mencoba meninggalkan aliran pemujaan itu.

Anggota kongres Ryan, tiga orang wartawan, dan seorang anggota aliran pemujaan yang mencoba lari, terbunuh. Sebelas orang terluka. Beberapa jam setelah kejadian, pemimpin aliran pemujaan memerintahkan anggota-anggotanya untuk melakukan bunuh diri massal dengan meminum potasium sianida. Anak-anak meninggal lebih dulu, bayi dibunuh dengan racun yang dimasukkan ke mulut dengan sedotan. Setelah itu, lebih dari sembilan ratus orang, termasuk anak-anak, meracuni diri mereka sendiri.








Artikel Terkait: