cara biar asi lancar, makanlah sayuran ini


UPAYA keberhasilan memberi ASI sebaiknya sudah dimulai sejak masa kehamilan, yang terus dilanjutkan sampai masa menyusui itu sendiri. Ingat Moms, banyaknya ASI yang akan dihasilkan tidak bergantung pada besarnya payudara, melainkan pada gizi Moms selama hamil dan menyusui dan cara menyusui.

Payudara memroduksi ASI bisa dikenali dengan payudara terasa kencang, kadang-kadang sakit dan gatal, bentuknya juga mulai membesar. Hal ini ada kaitannya dengan meningkat jumlah HCG (Human Chorionic Gonadotropin) atau hormon yang dihasilkan plasenta, setelah implantasi (melekatnya janin ke rahim). Hanya saja kelenjar-kelenjar tersebut belum mengembang secara optimal, meski sudah terdapat ASI tapi belum sebanyak pada wanita menyusui pada umumnya.

Berikut beragam tumbuhan yang berkhasiat memperlancar produksi ASI. Selain sehat, tanaman-tanaman berikut ini pun mudah untuk didapat, lho!


Daun katuk
Tanaman bersemak kecil – tingginya bisa mencapai 3 meter – ini konon diyakini dapat memperlancar ASI. Bahkan, kini Moms tak perlu repot mengolahnya, karena daun katuk dapat Moms peroleh dalam bentuk pil ataupun minuman dalam kemasan yang bisa diperoleh di apotek maupun pasar swalayan.

Temulawak
Untuk memperlancar ASI, bagian tanaman yang digunakan adalah daun dan rimpangnya yang direbus dengan gula jawa sampai air rebusan tinggal setengahnya. Walaupun sekarang ada banyak bubuk instan maupun pil temulawak, akan lebih baik jika Moms mengonsumsi temulawak yang masih segar dan bukan hasil olahan.

Lobak
Meski baunya kurang sedap, tanaman ini sangat baik untuk melancarkan ASI, lho. Iris lobak hingga kecil dan jadikan sebagai lalap atau sayuran.

Kacang tanah
Selain dapat dijadikan camilan, kacang tanah mampu menstimulasi ASI. Bersihkan kacang tanah kemudian direbus. Untuk hasil yang lebih baik, Moms juga bisa meminum air rebusannya.

Daun kacang panjang
Kacang panjang yang direbus dapat berkhasiat bagi kelancaran ASI. Daun kacang panjang akan terasa lebih nikmat jika dimakan sebagai lauk nasi saat Moms bersantap. (Sumber: Tabloid Mom & Kiddie)

Artikel Terkait: