Masih seringnya frekuensi curah hujan di beberapa daerah tanah air, membuat sebagian pengendara mobil merasa was - was. Mitos yang beredar , jika perangkat rem kena air, apalagi tenggelam seluruhnya dikhawatirkan kinerja pengereman akan menurun.
Kalau tergenangya terlalu lama, kinerjanya tentu berkurang walaupun sedikit, tapi mesti diantisipasi juga dengan mengurangi kecepatan. Fungsi rem yang utama adalah untuk memperlambat laju. Jadi, semakin tinggi kecepatan saat melintasi genangan seperti dalam banjir, semakin berkurang pula kinerja pengeremannya. Perhatikan komponen kampas dan piringan, komponen ini selalu berhubungan, kinerja normal sebenarnya sudah mengikis air. Begitu pula dengan lubang ventilasi diyakini dapat mempercepat dingin dan efeknya menambah daya rem. Lalu, selama sil atau selang di sistem pengereman masih rapat, tidak perlu khawatir air akan menerobos masuk. Dalam kondisi kerja keras, rem kena banjir tidak ada masalah, karena sistem pengereman sebenarnya dirancang untuk segala kondisi.