Atlantis Mendarat, Misi Pesawat NASA Berakhir


Pesawat ulang alik luar angkasa Atlantis berhasil mendarat di Bumi pada Kamis pagi waktu Florida (malam WIB). Pendaratan itu menandakan berakhirnya program pesawat ulang alik yang difasilitasi langsung oleh pemerintah AS selama 30 tahun melalui Badan Antariksa NASA.

Menurut harian USA Today, Atlantis mendarat dengan mulus di Pusat Antariksa Kennedy setelah menjalani misi selama 13 hari. Atlantis merupakan pesawat terakhir yang menjalani misi setelah dua pesawat lainnya sudah pensiun lebih dulu, yaitu Discovery dan Endeavour.

Dengan demikian, pemerintah AS tidak lagi memfasilitasi langsung misi para astronot ke luar angkasa. Proyek itu selanjutnya diserahkan ke pihak swasta.

Berakhirnya misi antariksa berawak di NASA itu menyebabkan pemutusan hubungan kerja bagi banyak staf - termasuk 2.000 staf United Space Alliance, yang merupakan perusahaan rekanan NASA. Mereka ada yang bekerja sebagai awak, teknisi, staf administrasi hingga petugas katering. 

"Bagi mereka, Jumat ini adalah hari terakhir bekerja. Mereka telah bekerja secara sempurna hingga saat ini," kata Direktur Pusat Antariksa Kennedy, Bob Cabana. Dalam 30 tahun terakhir, Pusat Antariksa Kennedy telah 135 kali meluncurkan pesawat ulang-alik ke luar angkasa dan menarik jutaan orang datang ke Florida.

Sejak peluncuran pesawat Columbia pada 12 April 1981 hingga pendaratan Atlantis Kamis kemarin, Pusat Antariksa Kennedy telah meluncurkan hampir 200 satelit, kendaraan dan pesawat ke luar angkasa.   

Dengan berakhir misi pesawat ulang alik NASA itu, para astronot Amerika yang akan menjalani misi di luar angkasa untuk sementara akan menggunakan roket buatan Rusia, Soyuz, hingga pihak swasta sudah siap dengan roket atau pesawat komersil mereka.
NASA kini terfokus pada misi eksplorasi luar angkasa terjauh dengan menggunakan robot. Pengiriman astronot ke Stasiun Antariksa Internasional (ISS) akan ditangani bersama dengan negara lain dan pada akhirnya oleh pihak swasta.
Sementara itu, pesawat-pesawat ulang alik yang sudah purna bakti itu akan menjadi pajangan di museum.

http://dunia.vivanews.com/news/read/234998-atlantis-mendarat--misi-pesawat-nasa-berakhir

Artikel Terkait: