Bangsa Kelt Kuno Sudah Mengenal Model Rambut Mohawk


Dalam artikel sebelumnya telah dibahas mumi Juanita yang ditemukan di pegunungan Andes. Nah Irlandia juga memiliki jasad yang telah awet di Irlandia. Penemuan mumi ini di temukan tidak sengaja setelah seseorang yang tidak sengaja melihat lengan manusia bertangan besar mencuat dari tepi rawa Croghan di Country Offaly, timur laut Irlandia pada Mei 2003.

Asalnya disangka korban pembunuhan modern, karena pada tahun 1970-1980an sering ditemukan korban jiwa akibat konflik teroris di Irlandia Utara. Namun setelah Museum Nasional Irlandia meneliti diketahui bahwa jasad tersebut hidup antara  362 dan 175 SM pada zaman besi Celtic.
Jasad ini diketahui berumur 20 tahun, dan tewas karena dibunuh.Sayatan di tubuhnya menandakan bahwa dia disiksa sebelum dipenggal dan dibelah dua kemudian dibuang ke rawa. Kemungkinan karena dibunuh oleh penguasa baru sebagai kurban persembahan kepada dewa mereka.

Kukunya sangat terawat, terpotong pendek dan berkat terlindungi dari tanah gambut , para ahli bahkan bisa memeriksa sidik jarinya. Dari kukunya pula diketahui bahwa manusia Corghan Tua ini semasa hidupnya makmur, tidak pernah kerja keras, dan memiliki gizi baik dimana sebagian besar memakan daging dan sayuran. Bahkan diketahui makanan terakhirnya adalah gandum dan mentega dan dibunuh saat musim dingin.

Rawa dan tanah gambut tempat penemuan manusia Croghan Tua merupakan dataran tergenang air, ditumbuhi lumut dan dipenuhi gambut. Kondisi tanah gambut yang minim oksigen dan zat organik membuat jasad manusia croghan tua terhindar dari pembusukan dan terlindungi dari bakteri.


3 bulan sebelum penemuan manusia Croghan tua juga telah ditemukan jasad lain yang diberi nama manusia Clonycavan yang ditemukan 40 km dari jasad Croghan tua tepatnya di Dublin di kota Clonycavan, County Meath.  Lain dengan Croghan tua yang hanya ditemukan tubuh bagian atas lengkap dengan lengannya. Manusia Clonycavan ditemukan utuh.


Manusia Clonycavan memiliki tubuh yang lebih pendek yaitu sekitar 158 cm. Namun yang sangat menarik adalah manusia clonycavan mengakali tinggi badannya dengan cara meninggikan rambutnya. Caranya ia menahan rambutnya ala mohawk dengan menggunakan jel rambut versi purba.  Jel rambut itu dibuat dari campuran minyak sayur dan getah pohon pinus. Konon getah pohon pinus itu tumbuh di daerah Spanyol dan daerah barat daya Prancis. Kesimpulannya saat dahulu masyarakat sudah mengenal perdagangan.

Kedua jasad ini baik manusia croghan Tua dan manusia Clonycavan merupakan orang penting dan termasuk golongan elite. Dan penemuan ini membuat para arkeologi menemukan fakta baru, bahwa bangsa Kelt kuno ini telah mengenal tradisi mengorbankan manusia untuk persembahan dewa mereka. Bangsa Kelt Kuno sendiri adalah bangsa kuno yang mendiami dataran Eropa sekitar Prancis,Irlandia,Inggris,Jerman dan Austria sekitar 500 SM yang lalu.

kaskus.us

Artikel Terkait: