Atribut ini penting karena mereka berdampak pada peringkat pencarian gambar tapi membingungkan juga karena kita sering tidak tahu apakah akan menggunakan TITLE atau ALT atau kedua atribut saat menjelaskan sebuah gambar.
Untungnya, aturannya cukup sederhana – selalu tambahkan atribut ALT pada gambar anda dan masukan TITLE hanya jika gambar tersebut ada link. Kami telah mencoba untuk menggambarkan ini dengan sebuah gambar Burger McDonald’s.
Kasus A: Gambar burger tidak melakukan link kemana saja jadi kami hanya menggunakan atribut ALT yang menjelaskan gambar.
Kasus B: gambar burger melakukan link ke bagian gizi di situs McDonald’s jadi kita juga termasuk atribut JUDUL pengunjung yang memberikan gambaran tentang halaman terkait. Perhatikan bahwa atribut ALT terus menggambarkan gambar seperti dalam Kasus A.
Titik ini dibuat di Google SEO Guide [PDF] meskipun dengan sedikit kesalahan. Ia mengatakan “jika Anda memutuskan untuk menggunakan gambar sebagai link, misi teks alternatif yang akan membantu Google untuk memahami lebih lanjut tentang halaman yang sedang anda hubungkan.” kami berpikir bahwa “alt teks” harus dibaca sebagai “title text” (teks judul) menurut nasihat John Mueller.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat !!!!!