Tips Memilih dan Memakai Bra Yang Pas


Apakah Anda pernah melihat wanita yang memakai busana sehari-hari kelihatan selalu pas dengan dirinya? Dia selalu terlihat gaya dengan busananya, terkadang dalam hati timbul rasa ‘iri’ ketika menyaksikannya.
Mungkin Anda pernah membeli beberapa pakaian yang pas namun ketika akan dipakai kelihatannya tidak cocok dengan bentuk tubuh. Akhirnya percuma baju itu dibeli, alhasil hanya jadi penambah tumpukan di lemari.
Nah, saat kejadian seperti ini pastinya Anda jadi berpikir sebenarnya apa sih yang kiat-kiat memilih dan membeli pakaian? Lantas bagaimana dengan pakaian dalam kita?
Anna Johnson, penulis “Three Black Skirts: All You Need to Survive” yang juga penulis di majalah Elle, Vanity Fair dan Vogue, mengingatkan: pakaian dalam yang baik dan cocok sangat mendukung penampilan. Dari semua jenis pakaian dalam, ia menyoroti fungsi penting bra sebagai ‘penyangga utama penampilan’.
Bila bra yang Anda kenakan terasa seperti menggigit kulit, hingga kulit nampak kemerahan, Anda harus hati-hati. Ini merupakan tanda-tanda bra itu tidak cocok buat tubuh Anda. Ternyata memilih bra itu tidak semudah yang kita bayangkan. Hampir semua kaum wanita pernah salah membeli bra, meskipun sudah ‘ngepas’ di fitting room.
Di era modern seperti sekarang ini banyak sekali model-model bra yang ada di toko atau butik, banyak variasi modelnya, dan tentunya salah satu pasti ada yang cocok buat tubuh kita!
Kalau dulu bra hanya dibuat dari 2 lembar sapu tangan yang dihubungkan, kini kita bisa bebas memilih berbagai jenis bra, mulai dari yang full busa, ditopang kawat sampai yang tipis berenda dan seksi. Banyak macam modelnya.
Bra adalah salah satu unsur terpenting untuk tetap menjaga kesehatan payudara. Tentu Anda tidak mau jika umur Anda belum memasuki paruh baya tapi payudara sudah bergelayut tidak indah, bukan?
Memilih bra yang nyaman dipakai sudah cukup merepotkan, agar tidak salah pilih saat membeli bra, berikut beberapa tips yang layak untuk disimak.
mengukur braUkuran bra tidak pernah selalu sama, kalau dulu semasa remaja pakai ukuran 34, belum tentu sekarang ini ukuran tersebut masih pas di tubuh Anda. Perubahan ukuran bra yang tejadi bisa disebabkan karena pertambahan atau berkurangnya berat badan, pertambahan usia, melahirkan, atau konsumsi obat kontrasepsi. Karena itu dianjurkan melakukan pengukuran ulang setiap 6 bulan sekali, karena dalam 6 bulan ada kemungkinan bentuk bra sudah mulai longgar dan tidak mampu menopang payudara dengan sempurna.
Caranya adalah sebagai berikut:
1. Kenakan bra tanpa busa, lingkarkan tali meteran ke tubuh tepat bagain bawah dada, tambah 5 poin bila jumlan pengukurannya ganjil, tambahkan 7 poin kalau jumlahnya genap.
Hasil dari ukuran ini merupakan nomor atau ukuran bra Anda, biasanya adalah 32, 34, 36, 38, dst.
2. Lingkarkan tali meteran di bagian payudara yang paling menonjol.
3. Ukur selisihnya dengan ukuran sebelumnya. Hasil yang didapat menunjukkan ukuran cup.
  • 1 inchi = A
  • 2 inchi = B
  • 3 inchi = C
  • 4 inchi = D
  • 5  inchi = DD
  • 6 inchi = DDD
4. Ingat, ukuran bra tidak ada standarnya. Lain merek lain pula ukuran bra yang cocok buat Anda. Cobalah ambil dua ukuran cup dari model/merk yang sama setiap akan membeli bra. Dengan begitu dapat di pilih ukuran mana yang sesuai dengan ukuran tubuh kita. Walaupun bra tersebut berasal dari merk yang sama, tapi karena modelnya berbeda bisa saja ukurannya tidak sama.
Jenis-jenis bra berdasarkan bentuk dan fungsinya:
1. Seamless Half Cup Bra
Nyaman di pakai sehari-hari tanpa jahitan kupnat, sehingga garis bra tidak akan “tercetak” saat dipakai dengan atasan berbahan stretch. Sangat cocok digunakan dengan busana ketat. Jenis ini dapat dikenakan dengan busana warna putih atau sifon, organdi, atau kebaya dan brokat. Bisa juga dipakai saat memakai tanktop, atasan berleher gaya sabrina/boat neck.
2. Seamless Full Cup Bra
Jenis ini dapat menampilkan bentuk dada yang lebih berisi, sehinggak dapat menampilkan belahan dada yang sempurna, sangat sesuai bila digunakan untuk busana pesta atau resmi. Tapi bra dapat dilepaskan jika kita menggunakan busana dengan model bahu terbuka (tube dress). Jenis ini dapat dikenakan dengan gaun model kemben, atasan model off shoulder, dan aneka tanktop.
3. Halter Strap Lace Bra
Bra model ini sangat cocok digunakan dengan model busana halter, dengan tambahan aksen lace dibagian tepi membuat bra ini kelihatan cukup seksi untuk dikenakan dengan blazer atau tanktop dengan leher model V. Bra ini dapat juga dikenakan dengan kardigan, atau jaket, dengan atasan atau gaun berleher halter.
4. Encapsulation Sport Bra
Jika payudara tergolong besar, pilih bra yang dapat menopang dengan nyaman tanpa membuatnya tampak ‘tumpah’. Jangan pilih yang diberi tambahan busa, dan sebaiknya cari yang ada kawat penopang. Sport bra boleh dipertimbangkan.
Kombinasi lycra dan katun sangat baik buat menyerap keringat, karena elastis, bra model ini juga nyaman dikenakan untuk aktivitas sehari-hari. Bentuk encapsulation ini membuat payudara tidak saling menekan, sehinga udara bebas mengalir. Jenis ini banyak dikenakan saat berolahraga atau senam, dan beraktifitas di outdoor.
5. Racerback Bra
Ketika sedang weekend atau saat clubbing menghabiskan waktu untuk refreshing setelah selama seminggu bekerja, model bra ini dapat mengatasi masalah tali bra yang turun dan sangat nyaman dikenakan sepanjang hari. Jenis ini dapat dikenakan dengan busana apapun terutama atasan tanpa lengan atau gaun model racertop.

http://www.artikeldewasa.com/tips-memilih-dan-memakai-bra-yang-pas/

Artikel Terkait: