Pelecehan Seksual Kerap Terjadi Di Sekitar Anda


pelecehan seksualPelecehan seksual (sexual harassment) memang belum lama populer di kalangan masyarakat Indonesia, walaupun istilah tersebut sebenarnya telah ada sejak pertengahan tahun 70-an. Munculnya istilah ini barulah marak seiring dengan kesadaran kaum wanita akan hak dan derajatnya. Hal ini karena masalah pelecehan seksual tidak dapat dipisahkan dari masalah diskriminasi gender.
Di Indonesia, kasus-kasus yang menyangkut pelecehan seksual, baik di tempat kerja, di tempat umum maupun di rumah tangga memang sudah mulai banyak yang dilaporkan kepada pihak berwajib atau terungkap oleh media massa. Kasus pelecehan seksual yang sedang marak disoroti saat ini adalah kasus pelecehan seksual yang sering terjadi saat berdesakan di Bus Transjakarta (Busway). Pelecehan seksual itu umumnya terjadi pada saat antrian dan pada saat berdiri berdesakan di dalam bus itu sendiri.
Seperti yang terjadi awal Agustus 2010 yang lalu, seorang pengawai negeri sipil (PNS) digelandang petugas keamanan Bus Transjakarta ke Polres Jakarta Pusat karena diduga melakukan pelecehan seksual terhadap penumpang perempuan.
Kapolres Jakarta Pusat Komisaris Besar Hamidin, Senin, memaparkan, korbannya adalah mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah dan mahasiswi Universitas Trisakti, sementara pelakunya adalah DA (35) yang berstatus PNS dengan jabatan staf Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).
Lain halnya di luar negeri, ‘Karena pelecehan seksual, pelatih renang top disidang’. Demikian judul berita yang dimuat dalam detiksport.com tanggal 25 Juli 2002 yang lalu. Menurut berita tersebut pelatih renang yang dimaksud adalah salah seorang pelatih renang paling top di Australia. Ia diduga melakukan tindakan cabul terhadap murid-muridnya dan diancam dengan hukuman penjara paling lama 10 tahun.
Dua kasus tersebut merupakan gambaran bahwa pelecehan seksual sungguh-sungguh ada dan terjadi dalam dunia nyata. Meskipun di Indonesia kasus-kasus pelecehan seksual yang dilaporkan kepada pihak berwajib masih sedikit, namun hal itu tidaklah berarti bahwa pelecehan seksual yang dialami lebih sedikit jika dibandingkan dengan di negara-negara lain. Mungkin karena masyarakat kita menganut budaya Timur yang menabukan hal-hal seksual sehingga timbul rasa malu/enggan untuk melaporkan pelecehan seksual yang dialaminya.
pelecehan seksual oleh perempuanPemahaman tentang pelecehan seksual memang sudah seharusnya diatur secara rinci. Hal ini amat berguna sebagai bahan pembuktian di pengadilan jika ada korban yang melaporkan. Oleh karena itu amatlah penting untuk membuat definisi tentang apa sebenarnya yang dimaksud dengan pelecehan seksual tersebut.
Secara umum yang dimaksud dengan pelecehan seksual adalah segala macam bentuk perilaku yang berkonotasi atau mengarah kepada hal-hal seksual yang dilakukan secara sepihak dan tidak diharapkan oleh orang yang menjadi sasaran, sehingga menimbulkan reaksi negatif seperti malu, marah, benci, tersinggung, dan sebagainya pada diri individu yang menjadi korban pelecehan tersebut.
Pelecehan seksual dapat dilakukan oleh seorang lelaki kepada seorang perempuan atau sebaliknya. Batasan yang sederhana adalah apabila seseorang melakukan suatu tindakan atau mengucapkan sesuatu kepada seorang lainnya yang membuat pihak yang terkena tindakan tersebut atau mendengarkan ucapan tersebut merasa menjadi tidak nyaman, tidak senang dan tidak aman, misalnya tindakan colak-colek.
Bentuk-bentuk perilaku pelecehan seksual yang kerap terjadi dan dikategorikan sebagai pelecehan seksual diantaranya, tingkah laku dan komentar yang berkenaan dengan peran jenis kelamin wanita (gender harassment). Ajakan untuk kesenangan seksual yang tidak dikehendaki dan memaksa namun tidak memiliki sanksi apapun (seductive behavior).
Permintaan untuk melakukan kegiatan seksual atau hal yang berhubungan dengan disertai janji atau imbalan tertentu (sexual bribery). Pemaksaan untuk melakukan hubungan seksual dengan disertai ancaman hukuman (sexual coercion) dan kejahatan seksual dan pelanggaran hukum yang dilakukan secara terang-terangan (sexual assault).

http://www.artikeldewasa.com/pelecehan-seksual-kerap-terjadi-di-sekitar-anda/

Artikel Terkait: