Makanan yang Dianjurkan dan Dilarang Bagi Penderita Diabetes




Tulisan ini ditujukan bagi para penedrita diabetes..tulisan ini terinspirasi dari tetangga saya yang terkena penyakit gula, penderita diabetes dibatasi masalah makanan (banyak pantangannya)…banyak para penderita diabetes yang belum tau apa saja makanan yang dijadikan pantangan..dan makanan apa saja yang dianjurkan untuk dikonsumsi…???
Diabetes, sering disebut penyakit gula berawal dari berkurangnya hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas. Insulin bertugas mengatur pemakaian gula dalam tubuh, termasuk mengatur jumlah gula dalam hati untuk menghasilkan tenaga.
Penderita diabetes dianjurkan untuk mengurangi/membatasi jumlah asupan karbohidrat. Bahan makanan yang dianjurkan bagi penderita diabetes antara lain: rumput laut, temulawak, beras merah, pare, labu kuning, kangkung, wortel, jamur hioko, jus kentang, ubi, dan sup bening. Buah-buahan yang baik untuk penderita diabetes adalah buah-buahan yang berkalori rendah seperti: mentimun, buah pir, buah persik, dan melon.
Penderita diabetes harus membatasi makanan-makanan yang dapat memicu naiknya kadar gula dalam darah, seperti: permen, biskuit, roti, tepung, manisan, kentang, buah-buahan kering, kuah daging, kismis, mentega, keju, coklat, hati goreng, mayones, susu kental, minyak zaitun, panekuk, minuman ringan/bersoda, minuman keras, puding, anggur, kurma, donat, aneka keripik, dan daging.
Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.....
Dari berbagai sumber.


Artikel Terkait: