BlackBerry Gemini 8520: Permata Kecil dengan Navigasi Trackpad


BlackBerry Gemini 8520: Permata Kecil dengan Navigasi Trackpad
Seri-seri BlackBerry selalu ditunggu-tunggu dan selalu dicermati oleh pencinta ponsel. Salah satunya yang sekarang tergolong baru menembus pasar Indonesia adalah BlackBerry 8520 Gemini. Seri ini mempunyai target pasar yang berbeda dengan seri-seri sebelumnya, dimana BlackBerry 8520 Gemini membidik kalangan menengah kebawah. Tampilan BlackBerry 8520 Gemini sepintas mirip sekali dengan BlackBerry Javelin. Dimensi dan ukurannnya sangat mirip. Desain dan layout panelnya pun serupa. Namun yang paling kentara membedakannya adalah trackpad pada BlackBerry 8520 Gemini yang menggantikan trackball yang ada pada Javelin. Disamping itu bahan material pembungkus pada BlackBerry 8520 Gemini semuanya ditopang oleh material plastik yang lentur, berbeda dengan Javelin yang pada beberapa bagian materialnya terbuat dari metal.
Gemini 8520 hadir di pasaran dalam dua warna yaitu hitam dan putih. Pada paket pembelian BlackBerry 8520 Gemini, user tidak mendapatkan bonus microSD, user hanya mendapatkan tambahan asesoris headset 3.5 mm dan kabel data, serta buku panduan manual, CD software dan kartu garansi.
BlackBerry 8520 Gemini berukuran 109 x 60 x 13.9 mm dengan berat hanya 106 gram, yang merupakan berat paling ringan diantara seri-seri BlackBerry sebelumnya. Layarnya sendiri berukuran 2.46 inch, 320 x 240 pixels, dengan kedalaman warna 65k.
Dibawah layar Gemini 8520 terdapat panel trackpad pada bagian tengahnya. Trackpad merupakan teknologi yang pertama kali diterapkan pada Gemini, yang mana untuk seri-seri BlackBerry selanjutnya akan menggunakan teknologi ini. Penggunaan trackpad pada Gemini terasa lebih mudah jika dibandingkan dengan trackball pada Javelin. Disamping itu tidak ada lagi masalah “kebersihan” yang harus selalu diperhatikan seperti dalam pemakaian trackball.
Berikutnya masih bagian di bawah layar Gemini 8520 terdapat tombol Call, tombol menu berlogo BlackBerry, tombol Back dan yang terakhir tombol End yang juga berfungsi sebagai tombol power.
Pada sisi atas terdapat tombol akses pintas menu musik dan fungsi musik. Lubang speaker tersemat pada bagian diatas layar Gemini. Pada sisi kiri Gemini 8520 terdapat tombol voice dial, port charger yang juga berfungsi sebagai port USB, dan juga terdapat jack audio 3.5mm. Tombol volume, shutter kamera terdapat pada sisi kanan dari Gemini 8520. Sedangkan pada bagian belakang terdapat kamera 2MP tanpa lampu flash dan fitur autofocus.
BlackBerry Gemini 8520 beroperasi dengan menggunakan OS BlackBerry versi 4.6.1 bahkan ada kabar kalo OS yang digunakan Gemini adalah versi 5.0. Pada tampilan antarmuka homescreen Gemini terdapat ikon sebagai jalan pintas masuk ke menu favorit user. Jika ada pesan masuk, notifikasi chat atau notifikasi jejaring sosial yang belum dibaca oleh user maka akan muncul ikon kecil pada bagian atas dari homescreen. Akses ke menu-menu pada Gemini terasa cepat dan tidak ada masalah. Multitasking applikasi java juga bisa diterapkan tanpa memberatkan Gemini 8520. Itu semua berkat dukungan prosesor 512 MHz yang terintegrasi pada Gemini 8520 dan OS yang digunakan.
Untuk theme, pada Gemini 8520 hanya terdapat satu theme default, selanjutnya jika user menginginkan theme yang lain bisa mendownloadnya pada BlackBerry Applicaton Word.
Untuk Phonebook pada Gemini 8520 tidak terbatas, selagi masih ada space memori tentunya (memori internal pada Gemini adalah 256 MB). Untuk masing-masing kontak, user bisa menambahkan detail seperti alamat email, telepon rumah, telepon kantor, dll. Disamping itu juga terdapat fasilitas pencarian cepat untuk kontak yang diinginkan. Suara yang dihasilkan ketika melakukan kontak dengan menggunakan Gemini 8520 juga cukup jernih, baik bagi user maupun bagi lawan bicaranya, lagi-lagi jika sinyalnya gak trouble tentunya, he3x.
Pada sector pesan, Gemini 8520 support untuk berbagai macam tipe pesan seperti SMS, MMS, dan email. Masing-masing tipe pesan mempunyai editor sendiri-sendiri, sedangkan untuk inbox, inbox emai terpisah dari inbox SMS dan MMS. Untuk email, user perlu melakukan setting terlebih dahulu, seperti akun email dan password, disamping itu Gemini 8520 juga sudah mendukung Multiple Account email.
Attachment dan push email juga sudah bisa dilakukan lewat Gemini tanpa ada masalah dan cukup mudah untuk dilakukan.
File manager BlackBerry Gemini terdapat pada media player, untuk menggunakan file manager user dapat masuk ke menu media player, lalu tekan tombol menu dan masuk ke explorer. Seperti biasa user dapat menggunakan file manager untuk memindahkan file, mengirimkan file, menggandakan file, dan menghapus file.
BlackBerry Gemini 8520 juga menyediakan fasilitas multimedia tentunya seperti music player, video player, galeri foto dan voice notes. Untuk music player, user bisa mengaksesnya lewat tombol shortcut musik pada sisi atas Gemini 8520 atau lewat ikon musik pada main menu. Tidak terdapat equalizer pada music player Gemini 8520, namun suara yang dihasilkan sudah cukup bagus dan user juga bisa memanfaatkan port audio 3.5 mm yang tersedia untuk menghubungkan Gemini dengan headset yang dimiliki. Tombol pengaturan musik pada sisi atas Gemini juga dapat digunakan untuk pengaturan musik pada saat music player diminimize atau dimainkan sebagai background ketika melakukan multitasking.
Untuk galeri foto, user bisa melihat foto dalam posisi landscape atau portrait. User juga bisa melakukan zoom in and out, tanpa ada masalah. Namun pada Gemini 8520 tidak terdapat slide show ataupun editor untuk foto.
Sedangkan untuk video player pada Gemini 8520 mampu memainkan file video dalam format 3gp, mp4 dan wmv, dan bisa ditonton dalam mode full screen.
Untuk kamera sepertinya tidak menjadi prioritas utama pada Gemini 8520. Disamping resolusi kamera yang hanya 2MP, no auto-focus, juga tidak terdapat lampu flash untuk mendukung pengambilan gambar pada tempat-tempat yang kurang cahayanya. Walaupun demikian, gambar yang dihasilkan oleh Gemini yang bisa mencapai resolusi maksimal 1600 x 1200 pixels sudah cukup jernih dan memadai dengan catatan pengambilan dilakukan pada kondisi cahaya yang cukup.
Sedangkan untuk record video dengan Gemini 8520, hasil outputnya berupa file dalam format 3gp dengan resolusi 320 x 240.
Urusan koneksi internet dan koneksi lokal, Gemini 8520 juga sudah mempersiapkannya dengan baik. Dengan koneksi Quad Band GSM, Gemini 8520 dapat digunakan dimana saja diseluruh dunia, selagi sinyal dari jaringan seluler masih ada. Untuk koneksi internet walaupun minus 3G dan hanya berbekal jaringan 2G (maksimal EDGE), koneksi terasa cukup cepat. Ditambah lagi dengan dukungan perangkat Wi-Fi untuk mengakses internet dari hotspot yang ada disekitar user. Sebenarnya ada untungnya juga Gemini minus 3G, disamping pengaturannya lebih mudah dan cepat karena trafik yang lebih lega, juga akan lebih hemat tenaga, karena untuk BlackBerry, akses 3G sangat memboroskan tenaga.
Untuk koneksi lokal BlackBerry Gemini 8520 didukung oleh perangkat Bluetooth 2.0 A2DP, dan juga ada slot untuk microSD dan port USB untuk transfer data.
Browser pada Gemini 8520 merupakan browser HTML yang tampilan web nya mirip dengan seperti yang ada pada komputer. Browser pada Gemini juga support untuk halaman dengan kontent flash. Halaman browsernya dapat ditampilkan secara fullscreen dan user juga bisa melakukan zoom in and out.
Fitur organizer Gemini 8520 pada umumnya hampir sama dengan yang ada pada ponsel lain sekelas pada umumnya, hanya tampilannya saja yang berbeda. Fitur-fitur tersebut seperti kalender yang bisa melakukan sinkronisasi dengan jejaring sosial, Tasks yang berguna untuk mencatatkan hal-hal penting, Memo fungsinya hampir sama dengan Tasks, Alarm untuk pengingat waktu, Kalkulator yang mungkin bisa membantu user menghitung hutangnya (he3x), dan yang terakhir perekam suara.
Applikasi-applikasi lain yang ada pada Gemini 8520 diantaranya adalah applikasi facebook, applikasi office document, applikasi chatting, game, dan applikasi maps.
Applikasi untuk facebook dapat digunakan user untuk melihat foto user dan temannya, melihat notifikasi, update status, dll serta user juga bisa mengupload foto via Mobile Upload. Applikasi chatting yang tersedia pada Gemini adalah Yahoo Messenger, MSN, Google Talk dan BlackBerry Messenger untuk chat sesame pengguna BlackBerry. Sedangkan untuk applikasi chatting lainnnya, user harus mendownloadnya sendiri. Applikasi office pada Gemini 8520 berguna untuk membuka dan mengedit file-file microsoft office seperti word, excel dan powerpoint.
Untuk Game yang disediakan pada Gemini 8520 ada lima game default yaitu Brickbreaker, Texas Hold’Em King2, Sudoku, Klondike dan Word Mole. Tentu saja user bisa mendownload game lainnya jika bosan dengan game-game tersebut. Applikasi Maps yang disediakan oleh Gemini 8520 adalah BlackBerry Maps, namun tampilannya tidak terlalu bagus. User bisa mendownload dan menginstall Google Maps sebagai alternatif, dimana penggunaannya cukup mudah, familiar serta lebih bagus tampilannya. Sayangnya Gemini tidak dilengkapi dengan GPS yang mana merupakan salah satu perangkat penting untuk mengetahui posisi akurat user berada.
Yang terakhir dari Gemini 8520 adalah Batere Li-Ion 1150 mAh yang merupakan sumber tenaga bagi Gemini 8520. Batere ini mampu bertahan untuk 408 jam keadaan standby, dan 4 jam 30 menit untuk waktu bicara. Yang perlu diingat oleh user agar menghemat batere adalah mematikan fasilitas dan applikasi jika tidak dipakai, seperti Wi-Fi misalnya.

Sumber



Artikel Terkait: