Apakah Merubah Template Blog bisa Mengurangi Jumlah Visitor?


Kemarin blogwalking. Nyari-nyari artikel tentang blog yang di suspend. Eh, nyampenya ke curhatan salah satu temen blogger yang katanya pengunjung blognya berkurang setelah merubah template blognya.

Nah, gimana nih ?
Aku pribadi baru tahu hal ini. Selama 10 bulan berkutat dengan dunia blog, sudah 10 kali lebih aku ganti template. Hehehe ...

Di curhatan itu, katanya merubah template bisa merubah SEO dan jumlah visitor. Yang tadinya 1k/ hari cuma jadi puluhan.  Terus, artikel kita yang tadinya gampang terindeks, bisa aja jadi susah terindeks.

Ada yang bilang, ganti template itu sebaiknya jangan lebih dari 3 kali setahun.

Terus kenapa sih bisa gitu merubah template bisa mengurangi jumlah visitor?

Merubah template berarti merubah kode-kode HTML, optimasi seperti (penambahan meta tags, kode verifikasi Google, kode dari Google analytics, dsb) apalagi kalau udah merubah jumlah side bar.

Ada kemungkinan beberapa saat setelah mengganti template dan melakukan perubahan yang signifikan, beberapa kata kunci yang telah dioptimasi dan biasanya ada di peringkat atas SERP menjadi hilang atau turun peringkat. Hal itu bisa mengakibatkan jumlah pengunjung turun.

Logikanya gini deh, Spider google jalan-jalan di blogmu.Template pertama blogmu sidebar nya disebelah kanan dengan urutan widget 1,2,3,4. Lalu kamu ubah template blogmu dengan sidebar di kiri dengan urutan widget 2,4,3,1.... Nah, otomatis susunannya berubah kan? 

Waktu si Spider google coba berkunjung lagi ke blogmu, pasti akan kaget dan bingung. Kok berubah ya? Dikiranya dia salah alamat... Hahah *Ini pendapatku. Tapi masuk akal juga nampaknya ^^*

Hal ini juga pernah dilakukan oleh Bu Guru Anne Ahira (Kalo gak tau coba tanya mbah Google). Jadi Bu Guru Ahira membuka rahasia dapurnya step by step cara membuat website. Setelah beberapa waktu, Bu Guru Anne Ahira melakukan pergantian template. Lalu muridnya yang menyaksikan melalui video melihat dengan jelas, beberapa hari setelah pergantian template pengunjung blog menurun drastis. 

 Tapi tenang, perubahan pengunjung ini bersifat sementara sampai si spider kembali bisa menjelajahi blogmu sampai hapal. Karena itu, disarankan setelah ganti template terus lakukan update konten juga agar Google kembali mengindex halaman blogmu. Semoga menambah wawasan kita semua 


Artikel Terkait: