Yang Baru di Facebook 2.0 Untuk BlackBerry



http://faktabukanopini.blogspot.com/ 

Jika memiliki aplikasi Facebook yang terinstal di BlackBerry, tentunya baru-baru ini atau tepatnya pada 26 Juni 2011 lalu, Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa update terbaru untuk aplikasi ini telah tersedia di BlackBerry App World.

Benarkah?

Yup, akhirnya BlackBerry merilis update versi 2.0 untuk aplikasi Facebook secara resmi setelah berbulan-bulan bercokol di BlackBerry Beta Zone.

Interface

Tampilan aplikasi facebook berubah drastis dari versi terdahulunya, dan tentunya lebih baik. Jika diperhatikan interface yang tersaji kali ini memiliki kemiripan dengan aplikasi Facebook untuk perangkat iOS dan Android, terutama pada bagian Navigation Grid.

Pada tampilan awal, tersedia News Feed yang menampilkan update serta post terbaru dari teman Anda di Facebook.

Di sisi atas layar, terdapat sebuah bar yang dibagi dua tepat di bagian tengah. Bagian kiri digunakan untuk mengakses “Navigation Grid” sementara sisi kanan bar tersebut dapat Anda gunakan untuk melihat semua notifikasi baru yang masuk.

Navigation Grid menampilkan seluruh fitur yang ada pada aplikasi ini dalam bentuk ikon yang dipaparkan bergaya petak (grid).

Jika Anda menekan bagian kiri dari sisi atas layar, aplikasi ini akan menampilkan notifikasi, pesan, permintaan teman dan obrolan (chat) yang masuk ke akun Facebook Anda.

Tepat di bagian paling atas dari News Feed yang tersaji, terdapat kolom untuk menuliskan status Anda. Kolom ini diapit oleh dua tombol virtual, untuk mengupload foto di sebelah kiri dan untuk berbagi lokasi via Facebook Places di sebelah kanan.

Untuk memberikan reaksi terhadap status atau post apapun yang dibagikan teman Anda di News Feed, berupa Like atau komentar, Anda dapat menekan ikon bersimbol tambah (+).

Chat

Inilah fitur utama yang paling dinantikan para pengguna setia aplikasi Facebook untuk BlackBerry. Jika sebelumnya Anda harus menginstal aplikasi pihak ketiga lain untuk menikmati fitur ini, kini fitur chat terintegrasi dengan aplikasi Facebook. Fitur ini dapat ditemukan pada Navigation Grid tepatnya di baris ketiga.
Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menentukan status Anda pada fitur chat, Offline atau Online.

Tampilan fitur chat pada aplikasi Facebook 2.0 ini terbilang sederhana namun tetap menarik, dengan hanya menampilkan dua bagian besar, Conversations dan Online Contacts.

Anda tinggal memilih salah satu teman dari daftar Online Contacts untuk memulai obrolan.
Menariknya, setiap chat yang masuk akan langsung terintegrasi dalam menu Messages milik BlackBerry. Sehingga Anda tidak akan melewatkan satu pun obrolan bahkan saat Anda tidak sedang menggunakan aplikasi Facebook. Yang terpenting Anda mengatur agar Facebook Chat selalu dalam keadaan Online.

Dukungan Wi-Fi

Kini, pengguna Facebook dapat tetap menggunakan aplikasi ini bahkan tanpa dukungan BlackBerry Internet Service. Karena tidak seperti versi terdahulu, pada versi 2.0 ini BlackBerry memungkinkan pengguna aplikasi Facebook terhubung dengan internet melalui jalur Wi-Fi, sehingga dapat tetap memanfaatkan seluruh fitur aplikasi Facebook 2.0 tanpa batasan, selama berada di area hotspot.

http://gugling.com/apa-yang-baru-di-facebook-2-0-untuk-blackberry.html

Artikel Terkait: