Hybrid Assisted Limb(HAL) robo-suit... membantu seorang lumpuh mendaki bukit...


Apakah anda pernah bermimpi menaklukkan puncak Everest??? Pada kenyataannya itu suatu hal yang mustahil bagi anda. Apalagi dengan kondisi fisik orang biasa yang bukan merupakan seorang pendaki. Namun pria ini pasti akan menginspirasi anda. Siapa bilang ada hal yang tidak mungkin dilakukan.
Seiji Uchida, merupakan ayah dua anak yang lumpuh akibat kecelakaan mobil yang dialaminya 28 tahun yang lalu. Namun dia tidak pernah berputus asa untuk mewujudkan mimpinya. Itulah mengapa dia memutuskan untuk mengunjungi Mount Saint-Michel, di pesisir perancis yang ekhirnya menjadi perjalanan yang tak terlupakan baginya.

Yang jadi pertanyaan adalah, bagaimana bisa hal itu dilakukan oleh orang yang lumpuh???
Yup, ini berkat bantuan Hybrid Assisted Limb(HAL) robo-suit. Pakaian robot ini dapat menjadikan orang yang memakainya memiliki kekuatan 10 kali lipat. Dan dengan bantuan HAL inilah, Uchida akhirnya mampu mendaki Mount Saint-Michel. Alat ni merupakan sebuah ciptaandari seorang Yoshiyuki Sankai, seorang profesor di Tokyo. Teknologi ini terinspirasi dari cybernetics, yang memperoleh perhatian penting dari lembaga research and development di Jepang. Cyberdyne Corporation di Jepang telah mulai memberanikan diri untuk mensuplai HAL ini untuk membantu orang-orang yang memiliki keadaan serupa Uchida.
Cara kerja dari HAL yaitu dengan mendeteksi minute bio-electrical signals pada pads yang dipasang pada beberapa bagian di tubuh. Ketika sinyal tersebutmengirimkan pesan ke pads tersebut, HAL bergerak sesuai dengan perintah sinyal tersebut. Singkatnya HAL digerakkan dengan sinyal sejenis perintah otak.Jadi HAL akan mendapatkan sinyal perintah tersebut dari sensor yang terpasang pada penggunanya. Dan HAL ini aman digunakan untuk melakukan kegiatan sehari-hari. HAL juga terbuat dari bahan yang aman sehingga tidak akan menyakiti penggunanya. Demikian saya kutip dari DesignBuzz.com.

Artikel Terkait: