Inilah Sejarah Badan Intelijen CIA


Sebuah melihat fotografi ke dunia rahasia badan intelijen legendaris, lebih dari enam dasawarsa dalam pembuatan nya. Inilah foto sejarah pembentukkan CIA.


Bapa Spiritual


Kolonel William J. Donovan, yang dikenal sebagai Wild Bill, memimpin Office of Strategic Services (OSS), Amerika Perang Dunia II badan intelijen.
Donovan dan Allen Dulles anak didiknya melobi Franklin Roosevelt untuk melanjutkan lembaga intelijen bersatu setelah perang berakhir (tidak ada pakaian yang seperti ada sebelumnya). Pada akhir konflik, bagaimanapun, OSS super-rahasia menderita sejumlah memalukan operasional dan yang lebih penting, yang tidak dipercaya oleh Presiden baru, Harry Truman, yang dibubarkan itu. OSS Donovan, bagaimanapun, menjadi inspirasi untuk Central Intelligence Agency, yang diciptakan pada tahun 1947.


Kantor Asli CIA di Foggy Bottom

Sebelum CIA didirikan, tanggung jawab perusahaan adalah didambakan oleh J. Edgar Hoover dan nya FBI, yang telah mencatat sukses melawan mata-mata Nazi selama Perang Dunia II. Memang, dalam tahun-tahun berikutnya, permusuhan antara Hoover dan CIA mengakibatkan kurangnya kerjasama dan koordinasi antara kedua instansi di tengah Perang Dingin - hubungan yang akan direplikasi dengan perang gambut dan perbedaan filosofis dan operasional dalam dekade pasca-Hoover untuk datang, sepanjang jalan sampai untuk menyerang al-Qaeda di AS pada 11 September 2001.


Direktur Intelijen Pusat

Allen Dulles mungkin telah menjadi direktur kelima dari CIA, tapi dia bertugas di kantor yang lebih lama dari orang lain (1953-1961) dan memiliki kaitan historis yang paling penting untuk "Wild Bill" Donovan. Dia pernah bekerja dengan kepala OSS dalam merekrut ilmuwan Jerman dan ahli militer untuk bekerja untuk AS, eliding setiap keanggotaan Nazi menyelinap mereka ke negara itu. Masa Dulles 'membantu membentuk CIA ke dalam badan intelijen legenda kontemporer: manipulator rahasia, negara dalam negara, pemerintah tidak bersahabat.


Instalasi Shah di Iran

Pada bulan Agustus 1953, Dulles 'CIA ditumbangkan pemerintah yang terpilih secara demokratis namun diduga pro-Soviet Mohammed Mossadegh di Iran dan menginstal monarki Shah Mohammed Reza Pahlavi. Tahun berikutnya, pemerintah Jacobo Arbenz Guzman di Guatemala jatuh dalam kudeta militer yang disponsori AS. Direktur Dulles juga melihat memanfaatkan fenomenal CIA Kolonel Edward Lansdale di Asia Tenggara - pertama mengempis pemberontakan komunis di Filipina dengan mendapatkan populis Presiden terpilih dan kemudian membantu menciptakan rezim yang didukung AS di Vietnam Selatan.


Dulles 'Downfall: Teluk Babi

Pada April 1961 berusaha untuk menggulingkan pemerintahan Fidel Castro di Kuba, namun, terbukti kegagalannya Dulles. Plot, anti-Castro yang melibatkan orang buangan, berasal bawah Dwight D. Eisenhower tapi terus di bawah John F. Kennedy, yang Dulles telah aktif dibudidayakan bahkan ketika bos tuanya masih Presiden. Namun, bencana mengucapkan invasi, dilumatkan oleh Castro dalam tiga hari, berkurang kepercayaan Kennedy di kepala CIA, dan pada bulan September 1961, Dulles telah dipecat. Dulles akan ditunjuk oleh Lyndon Johnson sebagai anggota Komisi Warren yang menyelidiki pembunuhan JFK's, memberikan dorongan untuk puluhan tahun teori konspirasi.


Markas Besar CIA, Langley, Va

Warisan fisik Allen Dulles adalah sebuah kompleks $ 46.000.000 yang mengambil enam tahun untuk membangun. Direktur CIA mulai berkampanye untuk itu segera setelah ia mengambil kantor, punya dana untuk itu pada tahun 1955 dan dikontrak perusahaan yang didirikan gedung PBB dan Lincoln Center di New York City untuk membangun itu. Namun, kantor pusat belum selesai sampai dengan September 1961. Pada saat itu, rekor Dulles 'telah dirusak oleh pemberontakan anti-Soviet gagal dalam blok Timur dan yang paling penting, oleh invasi Teluk Babi bencana. Dia tidak pernah akan pindah ke markas dia terinspirasi.


Howard E. Hunt

Sekali pakai asisten pribadi Dulles ', Hunt adalah tokoh kunci dalam CIA - perencanaan kecelakaan Teluk Babi dan merancang kudeta yang menggulingkan Presiden Guatemala Arbenz. Ia juga menulis novel mata-mata nama samaran dan terobsesi dengan keamanan nasional. Pada tahun 1970 ia pensiun dari luar CIA frustrasi atas kebijakan dan mulai bekerja untuk Nixon Gedung Putih sebagai salah satu utamanya "tukang pipa," pergi setelah leakers. Ia ditangkap dan dihukum untuk pencurian Watergate yang akhirnya menyebabkan pengunduran diri Nixon sebagai Presiden. Hunt akan menghabiskan 33 bulan pahit di penjara, mengeluh tentang bagaimana komplotan sesama nyaris tidak dihukum. Dia melihat plot di mana-mana.


Perang dan Damai dengan Uni Soviet

Personel militer AS pada tahun 1974 bekerja di samping perangkat enkripsi yang digunakan untuk komunikasi yang aman dengan Moskow. Selama Perang Dingin, CIA kunci untuk melacak langkah strategis Soviet. CIA menghadapi krisis saat Moskow meluncurkan Sputnik dan ditembak jatuh US U-2 pesawat mata-mata. Tapi itu balik menyerang juga: menggulingkan pemerintah Marxis dipilih Presiden Cile Salvador Allende (meskipun langkah di mana Moskow mengangkat bahu) dan mempersenjatai para mujahidin Afghanistan untuk mengalahkan tentara Soviet menyerbu - strategi yang sayangnya membantu menimbulkan al- Qaeda.


Mata-mata Jaga Rahasia

Pada tahun 1975 mantan perwira kasus CIA Philip Agee diterbitkan Di dalam Perusahaan, penjual terbaik peledak yang mengutuk praktek-praktek badan tersebut. Buku ini tidak hanya menyediakan rekening rinci tentang bagaimana mata-mata dioperasikan dan dikelola di seluruh dunia, tetapi juga mengungkapkan nama agen rahasia. Agee, yang tinggal di luar AS untuk sisa hidupnya dan meninggal di Kuba pada tahun 2008, yang diterbitkan nama lagi dalam buku-buku berikutnya. Pada tahun 1982, Kongres AS mengeluarkan peraturan terhadap mengungkapkan identitas agen rahasia, sebuah undang-undang yang ikut dalam skandal Valerie Plame bedeviled presiden George W. Bush.


Kepala Mata-mata Menjadi Presiden

Penunjukan George HW Bush sebagai direktur CIA pada tahun 1976 terjadi menyusul pengunduran diri Nixon. Namun, Bush, yang dilaporkan terpesona oleh operasi rahasia, berhasil mengangkat moral lembaga usang dalam masa jabatan yang berlangsung kurang dari satu tahun, tiba-tiba berakhir saat Jimmy Carter menjadi Presiden dan memusnahkan kerja klandestin badan tersebut. 355 hari Bush sebagai direktur memainkan peran besar dalam menjalankan selanjutnya nya bagi Presiden. Menurut Yusuf Trento The Sejarah Rahasia CIA, Bush sebagai DCI bertemu penting anti-Castro Kuba-Amerika yang menjadi kunci untuk kampanye menuju Gedung Putih.


Persiapan Perang Dingin Dunia

Ketika Uni Soviet bubar pada awal 1990, CIA harus mengembangkan portofolio yang berbeda: fokus baru akan terorisme bahkan sebagai cyber-intelijen-pengumpulan dan analisis tampaknya menyingkirkan mentah-pengumpulan-intelijen oleh operator. "fusi pusat," foto, adalah salah satu pusat komando-dan-kontrol mengkoordinasikan tindakan terhadap teroris. Sebagai pergeseran terjadi, namun, lembaga harus melakukan pembersihan Perang Dingin, termasuk pertempuran lebih banyak dengan FBI, di mana CIA percaya mol Soviet dan Rusia terus beroperasi.


Terbesar Moles

Pada bulan Februari 1994, FBI menangkap Aldrich Ames, seorang pejabat CIA yang telah menjual data pertama ke Soviet dan kemudian ke agen intelijen penerus Rusia sejak tahun 1985. Dia katakan telah diberikan informasi yang menyebabkan kematian sedikitnya 10 agen. Lebih pasca-Perang Dingin terjadi penangkapan mata-mata, dengan menangkap besar yang terjadi pada bulan Februari 2001 dengan penangkapan agen FBI Robert Hanssen, yang hadir dalam gereja yang sama sebagai Direktur FBI Louis Freeh dan Hakim Agung Antonin Scalia. Hanssen juga telah bekerja untuk Moskow sejak tahun 1985, jika tidak beberapa tahun sebelumnya.


Membersihkan Rumah atau Menjaga Rumah?

Obama direktur CIA, Leon Panetta, sekarang harus memimpin lembaga akan diselidiki oleh jaksa penuntut khusus melihat ke dalam tuduhan penyiksaan peregangan kembali hampir satu dekade. Tapi ia menghadapi masalah simultan: Bagaimana CIA beroperasi maju? Sebagai sejarah menunjukkan, kekuatan CIA, meskipun tidak kebajikan nya, terletak pada bayangan. Jika terlalu banyak cahaya yang menyinari operasi badan, apa yang akan terjadi pekerjaan agen rahasia?

Artikel Terkait: