Pohon - Pohon Hebat Yang Ada Di Bumi


Sadar enggak sih kalau pohon - pohon disekitar kita punya cerita - cerita yang berbeda? Ada pohon yang sudah berumur ribuan tahun, ada pohon yang bisa menyimpan air hingga ribuan liter. Cerita tentang pohon - pohon ini bisa bikin kita berseru "WOWW!!!"

1. Pohon Baobab, Wow besarnya!
Pohon baobab paling sering disebut dalam cerita - cerita dongeng, pohon ini merupakan jenis pohon terbesar di dunia. Beberapa spesies baobab berbentuk seperti botol, makanya baobab sering juga disebut pohon botol. Pas sekali dengan kekuatannya untuk menyimpan air. Pohon asli Madagaskar, Afrika dan Australia ini mampu menampung air hingga 120.000 liter. Kalau akar atau batangnya dipotong, air yang tersimpan di dalamnya bisa muncrat keluar.


2. Pohon Darah Naga, Wow uniknya!
Meskipun sebutannya darah naga, pohon ini tidak berbentuk seperti naga, melainkan seperti payung. Warna merah getahnya lah yang membuat pohon ini mendapat julukan demikian. Ya, getah pohon darah naga memang benar - benar berwarna merah darah. Pohon berdaun keras ini tumbuh di daerah kering, yaitu di permukaan tanah dan batuan keras, seolah - olah dia tidak membutuhkan air. Permukaannya tidak sesuai dengan namanya yang seram. Pohon ini baik hati, karena bisa berguna sebagai obat, pewarna pemanis dan pengharum.


3. Pohon Dinamit, Wow ledakannya!
Kalau kamu pernah mendengar sebutan pohon neraka atau pohon kotak pasir,itu adalah sebutan lain dari pohon dinamit. Tingginya mencapai 30 meter. Pohon ini hidup ditengah belantara hutan hujan amazon yang lebat. Seluruh permukaan batang pohon dinamit ditumbuhi duri - duri tajam. Getahnya pun beracun, biasa digunakan untuk meracuni mata panah penduduk setempat. Meskipun demikian, batang pohon ini sering digunakan untuk membuat furniture. Kalau buah pohon ini matang, dia akan meledak. Tidak tanggung - tanggung, ledakannya bisa sampai 100 meter dan melukai orang atau binatang yang lewat di dekatnya. Makanya dijuluki pohon dinamit.


4. Pohon Red Wood, Wow tingginya!
Kebayang enggak kalau ada pohon yang tingginya 100 meter lebih? Pohon red wood adalah jenis pohon tertinggi di dunia, pohon red wood dewasa bisa mencapai tinggi itu. Umur mereka bisa mencapai 3000 tahun, bahkan ada yang bisa mencapai 5000 tahun. Di California ada pohon red wood yang diberi nama bintang panjang umur, umurnya sudah lebih dari 2200 tahun. Red wood tertinggi di dunia di beri nama Dewa Hyperion, tingginya mencapai 114 meter namun umurnya 700 - 800 tahun. Orang - orang yang ingin memotretnya sering bingung karena pohon itu terlalu tinggi.

Artikel Terkait: