Perjalanan Lintas Waktu Mustahil Terjadi



Perjalanan Lintas Waktu Mustahil Terjadi

Wikimedia Commons
Perjalanan lintas waktu mustahil dilakukan. Kesimpulan itu dikemukakan oleh peneliti dengan mengajukan bukti bahwa foton tidak dapat melaju melampaui kecepatan cahaya.

Tim peneliti dari Hong Kong University of Science and Technology yang dipimpin Du Shengwang membuktikan, sebuah foton selalu tunduk pada teori Einstein yang menyebutkan bahwa tidak ada sesuatu pun yang bisa bergerak melebihi kecepatan cahaya. Dengan demikian, perjalanan lintas waktu hanya mungkin terjadi dalam kisah fiksi ilmiah.

Studi yang dilakukan profesor Du berhasil mendemonstrasikan sebuah foton juga mematuhi hukum lalu lintas semesta, seperti yang terjadi pada gelombang elektromagnetik. Studi itu menunjukkan, sebuah foton mematuhi batas kecepatan 'c' yang esuai dengan hukum sebab-akibat Einstein yaitu, sebuah efek tidak bisa terjadi mendahului penyebabnya.

Lebih lanjut, Du mengatakan, "Bukti studi ini bisa menjadi bekal untuk mengakhiri perdebatan tentang kecepatan informasi yang dapat diangkut sebuah foton".

Hasil studi profesor Du bersama timnya ini dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Physical Review Letters. (Sumber: Discovery News)

Artikel Terkait: