All SEO’ers are Liar(Pembohong)


Semua SEO’er adalah pembohong! (tentu tidak benar-benar SEMUA-nya… namun cukup banyak). Apakah anda termasuk salah satunya?


Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah seni yang dapat membuat sebuah website muncul di dalam urutan atas dalam mesin pencari. Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa sekitar 15% dari orang-orang yang menggunakan mesin pencari Google melihat iklan Adwords dan lebih dari 70% mengabaikan iklan itu dan jarang sekali melihat halaman kedua atau ketiga dari hasil pencarian. Sebagai contoh bila kita mencari, misalnya “Harga Komputer 2008” lalu memilih satu dari enam atau tujuh situs pada halaman pertama lalu pergi.
Jika website kita adalah nomor delapan dari 932.000 temuan, kita kalah.
Saat ini informasi sudah sangat-sangat mudah didapat. Termasuk informasi untuk menemukan tehnik-tehnik baru dalam mengoptimalkan SEO suatu website. Mudahnya arus informasi ini menyebabkan semua orang yang dapat mencobanya dan menjadi seorang SEOer. Hal ini menjadi masalah bila halaman pertama mesin pencari bukan lagi mencerminkan temuan yang sesungguhnya. Bagaimana bila informasi yang benar-benar dicari justru ada pada halaman-halaman berikutnya? Hanya karena tehnik SEO mereka kurang? Atau malah tidak menggunakan sama sekali?
Kebohongan SEO ini adalah hal yang sia-sia! Seth Godin menggambarkan dengan tepat. “Sama seperti mengacungkan tangan Anda untuk dipanggil oleh guru di kelas – namun tanpa mengetahui jawabannya ketika Anda ditunjuk“.
Lalu beliau menutup, “Bila melakukan optimalisasi yang benar, barulah investasi SEO Anda akan memberikan keuntungan“.
Nah, masih mau jadi SEOer yang berhidung panjang?



CATATAN: Postingan ini tidak bermaksud menyinggung salah satu pihak, tidak berhubungan dengan hasil pencarian “Harga Komputer 2008″. Juga tidak merupakan dukungan akan pernyataan “Blogger itu pembohong”. 

Artikel Terkait: