Google+ Cheat Sheet


Google+ Cheat Sheet - Bagi kamu yang baru bergabung dengan situs jejaring sosial milik Google mungkin akan terasa asing dengan penampilan dan fitur-fitur yang tersedia di Google+. Jika kamu memang mengalaminya, mungkin contekan (cheat sheet) buatan Simon Laustsen yang dipublikasikan di halaman Google+ ini bisa jadi referensi buat kamu yang ingin belajar Google+. Tapi dalam bahasa Inggris lho.

http://lingkarmerah.blogspot.com/Buat yang masih ribet dengan bahasa Inggris yang digunakan, berikut terjemahan dan penjelasan dalam Bahasa Indonesia yang disertai dengan beberapa penambahan dalam Google+ Cheat Sheet:
  1. Membuat beragam gaya tulisan, baik dengan penebalan, miring (italic) atau Strike Trough.
  2. Memasukkan foto, video, atau tautan dapat dilakukan langsung dengan 'Click dan Drag' ke kotak status.
  3. Istilah 'Circle' dalam Google+ mirip seperti 'Following' dalam Twitter. Anda dapat memasukkan daftar kontak Anda ke dalam 'Circle' yang sudah ada, atau membuat 'Circle' baru yang Anda suka.
  4. Untuk me-mention seseorang, gunakan tanda '+' (plus) atau '@' seperti di Twitter atau Facebook.
  5. Jika ingin membagikan sesuatu secara privat, pilih nama (bisa lebih dari satu) kontak, dan jangan lupa matikan fitur 'Reshare' agar tidak bisa disebarkan lagi ke orang/jejaring lain.
  6. Klik pada informasi waktu posting (time stamp) yang muncul pada status seseorang untuk melihat tautan langsung menuju status tersebut. Anda akan butuhkan tautan ini jika ingin membagikanya melalui blog/web/ atau twitter/facebook.
  7. Kalau mau membuat status, jangan lupa pilih kepada siapa akan dibagikan. Pilihan ke 'Public' berwarna hijau, artinya status itu bisa dibaca siapa saja. Pilihan kotak berwarna biru, bisa bernama apa saja tergantung 'Circle' yang sudah Anda buat. Artinya, status itu hanya bisa dibaca oleh jejaring dalam 'Circle' terpilih. Kecuali fitur 'Reshare' tidak dimatikan, orang dalam 'Circle' itu bisa membagikannya lagi kepada orang lain, tetapi tidak ke 'Public'.
  8. Ini adalah kumpulan 'Shortcut' atau 'Hotkeys' yang memudahkan akses dari keyboard.
  9. Untuk mematikan fitur 'Reshare', lihat panah di bagian kanan atas status Anda, pilih 'Disable reshare'. Kalau Anda klik di status orang lain, maka menu yang muncul adalah fitur untuk 'Report abuse', 'Mute ths post' dan 'Block this person'.
  10. Tombol +1 pada setiap status fungsinya sama seperti 'Like' pada Facebook. Untuk mematikannya, klik sekali lagi.
  11. Menekan tombol +1 pada status di Google+ tidak akan menambahkan daftarnya pada halaman '+1' di profil Anda. Halaman itu hanya menampilkan +1 yang Anda buat terhadap halaman web/blog.

Artikel Terkait: